Berbagi Cerita Menarik Dari Yang Dekat Sampai Yang Jauh

Porsi Makan Sahur Agar Kuat Puasa Seharian Menahan Lapar




Saat waktu makan sahur, usahakan Anda mengonsumsi makanan bergizi dalam jumlah yang cukup. Makanan saat sahur membantu menyediakan cukup energi selama berjam-jam Anda puasa. Pastikan Anda mengonsumsi makanan dari sumber karbohidrat, protein hewani, protein nabati, lemak, vitamin, dan mineral.


Makanan saat sahur yang harus Anda konsumsi


Sahur merupakan kesempatan terakhir Anda untuk makan sebelum berpuasa kurang lebih selama 13 jam. Untuk itu, memenuhi nutrisi dengan jumlah yang cukup saat sahur sangat penting dilakukan agar puasa Anda berjalan lancar. Jangan sampai kurang asupan saat sahur atau malah melewatkan makan di waktu sahur dapat mengganggu kelancaran puasa Anda.


Berikut Makanan yang harus Anda konsumsi saat sahur adalah:

1. Karbohidrat



Karbohidrat merupakan sumber energi utama bagi tubuh, sehingga Anda perlu mengonsumsi makanan ini saat sahur. Pilihlah karbohidrat dengan jenis karbohidrat kompleks. karena karbohidrat kompleks mengandung jumlah serat yang cukup tinggi. Serat dapat membantu Anda kenyang lebih lama, sehingga Anda bisa mempertahankan energi Anda lebih lama. Hal ini karena serat membutuhkan waktu lama untuk dicerna tubuh.


Sumber karbohidrat kompleks yang bisa Anda konsumsi saat sahur adalah nasi merah, roti gandum, oatmeal , sereal gandum, dan lainnya. Anda bisa mengonsumsi sumber karbohidrat ini sebanyak 1-2 porsi saat sahur.


Sebaliknya, jenis karbohidrat yang harus Anda hindari saat sahur adalah karbohidrat sederhana. Karbohidrat jenis ini memang dapat menyediakan cukup energi tapi tidak berlangsung lama. Contoh dari karbohidrat sederhana adalah gula, sirup, madu, makanan manis (seperti kue dan biskuit), dan makanan dengan kadar gula tinggi lainnya.


2. Protein


Ini juga salah satu zat gizi yang harus Anda penuhi saat sahur. Protein membantu Anda dalam mempertahankan rasa kenyang lebih lama. Selain itu, protein juga diperlukan untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh Anda agar tidak mudah sakit saat puasa. Protein juga membantu tubuh dalam memperbaiki dan membangun jaringan.


Terdapat dua jenis protein yang harus Anda konsumsi saat sahur, yaitu protein hewani dan protein nabati. Contoh dari protein hewani adalah daging, ayam, ikan, telur, susu, dan hasil olahannya (seperti keju dan yogurt). Sedangkan, contoh sumber protein nabati adalah tahu, tempe, kacang hijau, kacang tanah, kacang merah, kacang kedelai, dan lainnya. Anda disarankan mengonsumsi sumber protein hewani dan nabati masing-masing sebanyak 1-2 porsi saat sahur.


3. Sayur dan buah-buahan




Sayuran dan buah-buahan merupakan sumber vitamin dan mineral yang dibutuhkan tubuh. Juga, sebagai sumber serat yang dapat membantu Anda merasa kenyang lebih lama saat puasa. Konsumsi buah dengan kandungan air banyak, seperti semangka, juga dapat membantu menjaga hidrasi tubuh Anda.


Anda disarankan untuk mengonsumsi sayuran dan buah-buahan sebanyak 5 porsi per hari guna memenuhi kebutuhan vitamin dan mineral Anda. Saat sahur, Anda bisa mengonsumsi sayuran sebanyak 1-2 porsi, dan buah-buahan sebanyak 1 porsi sebagai makanan penutup.


4. Minum saat sahur




Selain makanan saat sahur, yang juga harus masuk ke dalam tubuh saat sahur adalah minuman. Anda perlu memenuhi kebutuhan cairan untuk menjaga agar Anda tidak kekurangan cairan selama puasa. Air putih merupakan minuman yang terbaik untuk Anda saat sahur. Sebaiknya minum air putih sebanyak 2-3 gelas saat sahur. Hindari konsumsi minuman yang mengandung kafein, seperti kopi, teh, dan minuman bersoda. Minuman ini dapat mendorong tubuh mengeluarkan cairan lebih banyak.
Share:

No comments:

Post a Comment

Popular Posts

Labels

Recent Posts