Berbagi Cerita Menarik Dari Yang Dekat Sampai Yang Jauh

Tips Merawat Mesin Cuci Agar Awet dan Tahan Lama



Mesin cuci di rumah merupakan perabotan yang paling berguna pada saat para penghuni rumah sudah mulai sibuk dengan aktifitasnya masing-masing. Perabot rumah tangga ini bisa membuat pekerjaan mencuci menjadi jauh lebih mudah. Tetapi sering kita temui banyak kebiasaan buruk saat mencuci baju dengan mesin cuci yang akibatnya bisa sangat fatal jika terus dibiarkan. Kebiasaan-kebiasaan ini tidak hanya akan menyia-nyiakan waktu dan tenaga kita, tapi juga merugikan secara finansial jika mesin cuci kita sampai rusak.

Apakah kita sudah tahu bagaimana cara merawat mesin cuci agar lebih awet dan tahan lama?

Oleh karena itu sangat penting mengetahui cara merawat mesin cuci yang baik dan benar sebelum  harus diantar ke tempat service mesin cuci, tidak usah berlama-lama lagi mari kita simak penjelasan di bawah :

MEMASUKKAN TERLALU BANYAK PAKAIAN



Saking inginnya untuk cepat-cepat selesai mencuci atau terburu-buru untuk melakukan aktivitas lain, kita cenderung suka tidak sadar memasukkan terlalu banyak baju ke dalam mesin cuci. Padahal, akibatnya bisa fatal. Selain kotoran yang ada pada pakaian akan terjebak dan menyebabkan baju kita tidak akan tercuci dengan bersih, kita juga boros air dan mesin cuci bisa cepat rusak.

Untuk mengatasi masalah ini, kita harus mengenal betul kapasitas mesin cuci yang digunakan. Jika cucian kita menumpuk setiap hari, ada baiknya kita memilih mesin cuci berkapasitas pencucian besar.



MENGGUNAKAN DETERGEN TERLALU BANYAK


Walau kelihatannya bisa membuat pakaian jadi super bersih, menggunakan terlalu banyak detergen juga berakibat buruk untuk mesin cuci. Pastikan untuk selalu mengikuti petunjuk pemakaian deterjen di kemasan karena jumlah detergen yang digunakan harus tepat. Gunakan takaran bila perlu. Karena jika jumlah deterjen yang kita masukkan kebanyakan, selain akan merusak kain dan pakaian, juga bisa menurunkan kemampuan mesin cuci dalam membersihkan pakaian.



JARANG MEMBERSIHKAN FILTER



Agar mesin cuci lebih awet dan hasil cuci tetap bersih, bersihkan filter yang ada dalam tabung mesin cuci kita setidaknya 2 hari sekali. Hal ini membantu menjaga tabung tetap bersih dan pakaian terhindar dari kotoran yang tertampung pada filter. Pada mesin cuci tertentu memiliki teknologi Magic Filter yang terdapat persis di tengah drum. Posisinya yang strategis dan ukurannya yang besar mampu menyaring kotoran lebih efektif dan menahan agar tidak keluar lagi. Kita dengan mudah membersihkan filter ketika proses pencucian selesai.



MENINGGALKAN BAJU TERLALU LAMA DI DALAM MESIN CUCI



Ada kalanya kita terlalu sibuk sampai lupa kalau sedang mencuci baju. Akibatnya, baju-baju Kita tertinggal begitu saja di mesin cuci. Jika kita meninggalkan baju di mesin cuci begitu saja (dalam keadaan basah maupun kering) dalam waktu lama (berjam-jam), bau tidak sedap (bau apek) akan keluar dari baju kita. Akibatnya, kita harus mencuci ulang agar bau tersebut hilang. Buang-buang waktu dan tenaga, bukan?



MENGGUNAKAN SETTING SAMA UNTUK SEGALA JENIS PAKAIAN



Setiap jenis pakaian memiliki setting pencucian yang berbeda-beda. Memang lebih mudah untuk menggunakan setting 'reguler' atau 'automatic' untuk kebanyakan baju. Tapi mesin cuci terbaik modern didesain untuk bisa diatur sedemikian rupa agar sesuai dengan jenis baju. Misalnya setting air panas, bilas cepat, temperatur tinggi, dan lain-lain. Ada baiknya kita menyesuaikan setting pencucian dengan jenis baju yang akan dicuci sehingga baju bisa dicuci dengan optimal dan mesin cuci lebih tahan lama.

Jangan sampai dengan cara penggunaan yang salah membuat kerugian untuk kita. Dengan penggunaan yang tepat dan sesuai untuk mesin cuci, maka kita tidak perlu bersusah payah nantinya untuk membawa ke tempat service mesin cuci.
Share:

No comments:

Post a Comment

Popular Posts

Blog Archive

Labels

Recent Posts