Berbagi Cerita Menarik Dari Yang Dekat Sampai Yang Jauh

TERNYATA ANGKA DI PERAK DAN EMAS PUNYA ARTI


Kadar Emas

Emas bukan hanya sekedar menjadi bahan perhiasan semata, namun Emas memiliki satuan kadar khusus. Satuan kadar emas adalah karat. Karat adalah satuan terkecil dari berat untuk bagian perdagangan logam mulia dan batu mulia. Emas murni disebut bisa dikatakan mempunyai kadar 24 karat dan biasanya disimpan dalam bentuk batangan. Adapun emas batangan tersebut biasa dikenal dengan gold ingot. 1 gram adalah 5 karat (carat) tetapi setelah menjadi perhiasan, emas selalu diberi label dengan misalnya 10 gram 18 karat.

Di dunia perhiasan emas sering diperjualbelikan dengan kadar 9 karat, 16 karat, 18 karat dan 22 karat. Di Indonesia umumnya 18K dan 22K. Simbol “K” menunjukkan stamp atau cap pada perhiasan emas yang menunjukkan kadar emas bersangkutan. 24K itu 99,99%( logam mulia ( lm ) biasanya bersertifikat antam ada juga yg pegadain dan non sertifikat

Selanjutnya 18K berarti emas yang anda beli dari dagang perhiasan emas mempunyai kadar 75% dari 24 karat lebih jelasnya 18:24x100%=75%. Dalam dunia perdagangan atau antar pedagang sering disebut sebagai 750. Biasanya pedagang menghitung menggunakan 3 angka di belakang koma. Karena apabila selisih 0.055 gram saja kalau harga Rp.140,000/gram sudah sama dengan lebih kurang ongkos pasang satu buah permata. Adapun dalam emas 18K terdapat 25% campuran lain, campuran ini disebut alloy. Biasanya alloy adalah campuran dari kuningan murni, tembaga murni, perak murni, seng murni dan campuran lain sesuai dengan racikan terbaik masing-masing pabrik yang memproduksinya.

sebenarnya untuk kode emas itu ada banyak lagi macamnya, mulai dari 300,420,700,750,833,875,926. Inilah yg umumnya dijual di toko emas selain dari ketokan ciri khas pabriknya, contoh ada ubs, hwt, dll.




Kadar Perak

Bahan baku perak biasanya disimpan dalam bentuk biji yang disebut klicir atau granulation. Perhiasan perak sering distamp atau cap 925 dalam dunia perdagangan. Ada yang lainnya yaitu 800 dan biasanya tanpa K di belakang 925. Angka 925 ini menunjukkan 92,5% dari kadar murni 100%. Biasanya perak murni adalah 99,99% tidak bisa 100%.


Kalian pasti bertanya - Tanya kenapa perhiasan tidak dibuat murni? Hal ini dikarenakan apabila murni, perak maupun emas akan mudah penyok, cepat gores atau kusam, dan kurang kuat. Campuran membuat keras dan mengkilat inilah rahasia masing-masing pabrik. Adanya campuran dari Perhiasan tadilah yang menjadikan Perhiasan tetap kilap, bersih tetapi keras.


bagi agan agan yg mau membeli perhiasan emas beli lah ditoko emas yg sudah terpercaya dan sudah jelas kualitasnya jangan lupa bertanya sama penjualnya kode jangan terlalu jadi acuan karena hanya sebagai alat bantu saja karena tidak semua perhiasan emas terdapat kode.
Share:

No comments:

Post a Comment

Popular Posts

Labels

Recent Posts