Berbagi Cerita Menarik Dari Yang Dekat Sampai Yang Jauh

Berolahragalah Walaupun Kita Sibuk



Banyak orang yang mengeluhkan kesibukan mereka sebagai alasan untuk tidak mengedepankan kesehatannya sendiri. Padahal, dengan mengabaikan kesehatan seperti itu bisa mendatangkan penyakit yang akhirnya dapat menghambat aktivitas.

Agar tidak mudah sakit di tengah padatnya aktivitas, penting untuk kita agar tetap mengimbanginya dengan gaya hidup sehat. Salah satunya dengan cara berolahraga secara rutin agar metabolisme tubuh kita tetap terjaga.

Menjaga metabolisme tubuh adalah hal yang penting bagi kesehatan. Sebab, proses ini melibatkan pembakaran kalori yang kemudian diolah menjadi energi untuk modal beraktivitas sehari-hari. Saat kita tidak berolahraga dalam waktu lama, proses metabolisme akan mengalami penurunan atau melambat. Hal inilah yang membuat kemampuan tubuh membakar kalori pun terganggu.

Alhasil kita akan lebih cepat gemuk. Dampak buruk lainnya, hal itu bisa jadi cikal bakal penyakit kronis, seperti kadar kolesterol tinggi dan penyakit jantung. Hal lain yang bisa diatasi dengan berolahraga adalah stres dan depresi. Terlalu sibuk dan lelah, memudahkan datangnya kondisi-kondisi tersebut. Cara terbaik untuk menanggulanginya adalah dengan berolahraga.

Seorang psikolog klinis dan penulis buku Your Next Big Thing: 10 Small Steps to Get Moving and Get Happy, Ben Michaelis, mengatakan bahwa terdapat relevansi antara kesehatan tubuh dan kesehatan mental manusia.

"Tubuh adalah pikiran dan pikiran adalah tubuh. Ketika Anda mengurus tubuh dengan baik, maka semua sistem yang Anda miliki, termasuk pikiran, akan terpelihara dengan baik pula,” kata Michaelis melansir dari Kompas.com pada Rabu (20/04/2016).



Sebagai informasi, kesehatan tulang pun bisa dijaga dengan berolahraga. Riset menemukan, gaya hidup sehat dengan olahraga rutin terbukti dapat meningkatkan kepadatan dan kekuatan otot dan tulang.



Hal itu diungkapkan tim dari National Institutes of Health (NIH) Osteoporosis and Related Bones Diseases National Resources Center, dalam situs web niams.nih.gov pada Mei 2015.



Jangan jadi beban



Dengan banyaknya manfaat-manfaat akan berolahraga, ada baiknya mulai menjadikan olahraga sebagai rutinitas untuk memulai hidup sehat. Kalau cenderung takut lelah, carilah olahraga yang mudah terlebih dulu.



Jogging singkat atau berjalan selama 30 menit dalam sehari, misalnya, bisa jadi ide untuk mengawali kebiasaan baik untuk gaya hidup sehat kita. Akan tetapi lakukanlah dengan rutin. Misalnya, harus dijalani 3-5 kali dalam seminggu.



Kemudian, buat olahraga tersebut menjadi hal yang menyenangkan. Ajak teman dalam aktivitas juga bisa jadi alternatif dapat momen mengobrol agar tidak cepat bosan.



Kalau menyukai musik atau dansa, Anda juga bisa pilih olahraga yang memungkinkan kedua hal itu tetap ada dalam aktivitas. Ikutilah olahraga ritme cepat yang menggunakan musik seperti senam atau zumba.
Share:

No comments:

Post a Comment

Popular Posts

Labels

Recent Posts