Berbagi Cerita Menarik Dari Yang Dekat Sampai Yang Jauh

Manfaat Pisang yang Jarang Kita Ketahui






Buah pisang memang buah yang mudah didapatkan selain itu buah pisang juga memiliki khasiat bagi kesehatan serta kecantikan. Namun untuk mendapatkan manfaatnya, Kita perlu cermat dalam memilih. Karena hanya pisang yang matang saja yang dapat mengubah gula darah menjadi glukosa alami, serta cepat serap ke dalam peredaran darah.


Menurut ahli ciri-ciri pisang yang matang adalah pisang yang kulitnya berwarna hijau kekuning-kuningan dengan bercak cokelat atau kuning. Semua kandungan dalam pisang matang tersebut, akan memberikan beberapa manfaat kesehatan.



Sumber Tenaga


Pisang dapat dicerna secara mudah oleh tubuh, sehingga gula yang terdapat didalamnya akan diubah menjadi sumber tenaga yang baik untuk kinerja tubuh, kerja otot dan juga sangat bagus untuk menghilangkan lelah.


 
Ibu Hamil


Wanita yang tengah dalam masa kehamilan dianjurkan untuk mengkonsumsi pisang, karena mengandung asam flat yang cukup tinggi di mana flat sangat penting bagi kesempurnaan janin, pembentukan sel-sel baru dan mencegah terjadi cacat bawaan.


Sebuah pisang matang mengandung sekitar 85-100 kalori. Sehingga dengan memakan dua pisang segar, kebutuhan asam folat yang sekitar 58 mikrogram sudah dapat terpenuhi. Di samping itu pisang akan membantu menjaga kadar gula darah yang dapat mengurangi morning sick, sehingga pisang sangat baik sebagai cemilan ibu hamil.



Penderita Anemia


Kandungan zat besi yang cukup tinggi terdapat pada buah pisang. Zat Besi mampu menstimulasi produksi hemoglobin dalam darah bagi penderita anemia. Dua buah pisang sehari, sangat baik untuk penderita anemia.



Yang Mengalami Stress


Pisang mengandung potasium, yaitu mineral penting yang membantu menormalkan detak jantung, mengirim oksigen ke otak dan mengatur keseimbangan kadar air dalam tubuh. Ketika mengalami stress, metabolisme tubuh akan meningkat drastis sehingga mengurangi kadar potasium tubuh. Dengan pisang, potasium dalam tubuh kadarnya akan seimbang dan kembali normal.



Penderita Sakit Maag


Sebagai buah yang dapat dikonsumsi langsung, pisang tak membuat iritasi atau kerusakan usus bagi penderita maag. Buah ini sering digunakan untuk melawan penyakit usus dikarenakan teksturnya lembut.


Pisang juga dapat menetralisir kelebihan asam lambung dan melapisi bagian dalam perut sehingga mampu mengurangi iritasi. Bagi yang mengalami penyakit usus atau kolik akibat asam lambung, Kita dapat mengkonsumsi buah pisang dengan di campur pada segelas susu cair.


Penderita Penyakit Lever


Bagi penderita lever, dua buah pisang sehari dengan tambahan satu sendok madu, akan baik untuk menambah nafsu makan dan meningkatkan tenaga dalam melakukan aktivitas sehari - hari.




Meningkatkan Kekuatan Otak


Di sebuah sekolah Inggris, 200 pelajar mampu menyelesaikan ujian akhir hanya dengan sarapan pisang. Mereka juga kerap mengkonsumsi pisang saat jam istirahat serta makan siang, sebab pisang mampu meningkatkan kinerja otak secara signifikan.




Penderita Luka Bakar


Khusus untuk penderita luka bakar, bukan buah pisangnya yang akan kita manfaatkan melainkan Kita menggunakan daun pisang sebagai pengobatan. Caranya, kulit yang terbakar dioles dengan campuran abu daun pisang dan minyak kelapa. Campuran ini dapat mendinginkan kulit yang terbakar.




Penderita Stroke


Berdasarkan riset The New England Journal of Medicine, mengkonsumsi pisang setiap hari akan menurunkan resiko kematian akibat stroke hingga 40%.




Mengontrol Temperatur


Di beberapa negara, pisang dimakan sebagai makanan pendingin yang dapat menurunkan temperatur fisik dan emosional ibu hamil. Di Thailand contohnya, ibu hamil mengkonsumsi pisang untuk memastikan bayi lahir dengan temperatur sejuk.


Share:

No comments:

Post a Comment

Popular Posts

Labels

Recent Posts